Media Sosial Jadul vs Jaman kini



Apa sih keunggulan Kakaotalk, Blackberry, Whatsapp, Line dan sejenisnya yang menjamur sekarang ini jika dibandingkan dengan Yahoo Messenger?

Kalau mau jujur, maka apa yang dilakukan oleh Whatsapp cs itu 10 tahun lalu sudah dilakukan oleh Yahoo Messenger! Dan lebih bagus malah 10 tahun yang lalu dengan yang sekarang.

Kenapa sekarang mereka yang merajai? Aneh saja jika sesuatu yang sudah ada dari dulu bisa dikalahkan dengan produk baru yang fungsinya sama saja dengan yang lama, malah lebih unggul yang lama secara fiturnya. Kenapa bisa jadi yang baru melesat naik dan yang lama kalah?


Coba kita bandingkan Whatsapp dengan YM

  1. Whatsapp mengirimkan pesan gratis, Yahoo Messenger pun melakukan itu dari dulu 
  2. Whatsapp bisa mengirimkan foto dan video, Yahoo messenger pun sudah bisa dari dulu 
  3. Whatsapp punya emoticon, Yahoo Messenger pun sudah punya dari dulu dan unik-unik 
  4. Whatsapp tidak punya games, Yahoo Messenger dari dulu sudah punya games 
  5. Whatsapp tidak bisa chat live video, Yahoo Messenger dari dulu bisa 
  6. Whatsapp bisa di handphone, Yahoo Messenger bisa di Handphone dan di komputer dari dulu 
  7. Whatsapp bisa mengirimkan foto, video, dan suara. Yahoo messenger bisa mengirimkan 3 hal tersebut dan juga bisa mengirimkan berbagai data lain. Tidak hanya terbatas 3 hal tersebut. 
  8. Whatsapp bisa dijalankan menggunakan Internet, Yahoo Messenger pun bisa di jalankan harus menggunakan Internet 
  9. Whatsapp terbatas hanya orang yang dikenal atau melalui nomer HP seseorang, sedangkan Yahoo Messenger bisa berinteraksi dengan siapapun di negara manapun walaupun awalnya tidak saling mengenal. 
  10. Dan sebagainya. 
Bisa dilihat mana yang lebih unggul, Apakah Whatsapp atau Yahoo messenger secara fitur? Yang jelas sebelum ada Whatsapp pun Yahoo Messenger sudah sudah lebih unggul secara fitur jika dibandingkan dengan Whatsapp hari ini.

Kenapa sekarang Whatsapp, Line, Kakaotalk, Blackberry dan sejenis secara fungsi dan fiturnya tidak beda jauh bisa booming walaupun jika aplikasi-aplikasi itu dibandingkan dengan yahoo Messenger, jelas masih lebih unggul yahoo messenger. 

Artinya keunggulannya bukan di fitur tetapi Promosi dan meng custom menjadi sebuah TREND. Jika sudah menjadi sebuah Trend maka sesimpel apapun dan se-biasa apapun fitur yang ditawarkan, maka itu akan laku saja. Ini kehebatan marketing bukan kehebatan yang menciptakan Whatsapp, Line dan sejenisnya. Jika mau bersaing secara fitur maka mereka akan kalah dengan Yahoo Messenger yang identik dengan Media sosial “Jadul”. 

Jadi kalau ada yang tanya, apa hebatnya sih Whatsapp, Blackberry, Line, Kakaotalk dan sejenisnya? Jawabannya adalah karena mereka berhasil membuat orang untuk menginstal aplikasi tersebut di Handphone.

Kedua jika ada yang tanya, Memangnya orang tidak bisa menginstal YM di HP? Jawabannya adalah di HP malah rata-rata Aplikasi Yahoo Messenger sudah terinstal tinggal digunakan. Jadi mau tidak mau sudah terinstal. 

Ini masalah TREND dan kekuatan promosi. Kekuatan mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan media sosial yang secara fitur dan fungsinya sangat kalah jauh jika dibandingkan dengan Yahoo Messenger.

Jadi media sosial itu banyak pilihannya, banyak yang fungsinya lebih bagus daripada yang masyarakat gunakan sekarang. Artinya sebagus dan secanggih apapun fitur yang disediakan, tidak akan bisa digunakan jika kekuatan promosinya tidak mengarahkan mennjadi sebuah TREND.

Yahoo Messenger adalah Media sosial terlengkap, sayangnya aplikasi tersebut menjadi aplikasi “Jadul” . YM bisa menjadi aplikasi yg diminati lagi. Secara fitur dia unggul, tinggal sekarang bagaimana membuat aplikasi itu menjadi sebuah TREND. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.