Saran gratis untuk Rizieq Shihab..


Terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilaporkan terhadap Rizieq Shihab, saya mau kasih solusi gratis kalau Rizieq mau bebas. Karena ada kemungkinan besar Rizieq menjadi tersangka sebentar lagi, maka sebelum terlambat saya ingin membantu Rizieq agar bisa bebas.

Materi ucapan Rizieq terkait dugaan penistaan agama menurut gue jelas, sedangkan Ahok masih debatable. Jadi gak bisa disamakan dengan Ahok. Jadi tidak bisa dijadikan rujukan.

Saran saya, Rizieq buka UU No.1 Tahun 1965 tentang penodaan agama. Disitu ada celah agar dia bisa terbebas dari sanksi hukum. Rizieq gunakan alibi berdasarkan Pasal 2 ayat 2. Rizieq katakan bahwa apa yang dia ucapkan itu bukan sebagai pribadi tapi atas nama organisasi.

Rizieq segera buat surat pernyataan yang ditandatangani oleh semua pengurus FPI, yang menyatakan bahwa ucapan itu ucapan resmi ormas FPI. Maka mau tidak mau pelaporan itu beralih dari nama Rizieq ke nama Organisasi FPI. Maka Pasal 2 ayat 2 UU Penodaan agama bisa diterapkan.

Memang mau tidak mau Organisasi FPI dibubarkan dan dinyatakan sebagai organisasi terlarang di Indonesia. Tapi yang pentingkan Rizieq bisa terbebas. Setelah FPI dibubarkan dan dinyatakan sebagai ormas terlarang, Rizieq and the gank diam aja jangan "buat ulah" lagi. Diam aja dirumah..

Kenapa..?? 

Karena kalau "bikin ulah" lagi, maka Rizieq and the gank akan dipidana selama 5 Tahun berdasarkan pasal 3 UU Penodaan agama.

Silahkan Rizieq and the gank pilih, kasus ini mau dimasukkan sebagai kasus pribadi Rizieq atau sebagai kasus organisasi FPI? Terserah.. Silahkan Rizieq dan FPI adakan pertemuan nasional terkait masalah ini. Putuskan segera. Jangan terlalu lama, keburu Rizieq dijadikan tersangka.

Bisa saja nanti diputuskan bahwa yang dilakukan Rizieq adalah suara ormas FPI dan mereka semua legowo ormas FPI dibubarkan untuk selamatkan Rizieq. Atau.. biasanya di peraturan organisasi, jika ketuanya bermasalah bisa dinonaktifkan sementara. Maka FPI non aktifkan sementara Rizieq.

Jadi FPI mengadakan pertemuan nasional dan bisa memutuskan 3 hal. Yaitu: 
1. Ini urusan pribadi Rizieq tidak ada hubungannya dengan FPI 
2. Ini statement Ormas FPI yang disuarakan oleh Rizieq, atau
3. Rizieq dinonaktifkan sebagai ketua FPI.

Semuanya berpulang ke ormas FPI sendiri untuk memutuskan. Yang pasti saya hanya memberi saran agar Rizieq terbebas dari proses hukum ini. Kalau mau diterima syukur gak diterima juga gak apa-apa. 

Namanya juga saran. Kan gak wajib diikuti.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.