Breaking

Sunday, 6 August 2017

Kenapa Partai Gerindra dan Partai Demokrat (Pasti) tidak akan berkoalisi dalam Pilpres 2019?


Dulu partai-partai sudah bicara koalisi untuk mengusung capres tertentu, padahal tahap rekapitulasi resmi hasil pemilu legislatif belum selesai digelar. Mereka menggunakan hasil Quick count yang hanya beberapa jam setelah pencoblosan untuk menentukan capres dan menjajaki koalisi. Setelah hasil resmi pemilu legislatif pada tanggal 9 Mei 2014 selesai, langsung koalisi terbentuk dan mengusung capres tertentu.

Pemilu 2019 adalah pemilu serentak. Presidential Threshold 20% dan Partai peserta pemilu 2019 mengusung capres gunakan hasil pemilu 2014. Artinya, hari ini seharusnya sudah menentukan koalisi dan juga sudah menentukan capres-cawapres. Karena masing-masing sudah punya modal suara untuk mengusulkan.

Karena itulah kenapa saya katakan bahwa Partai Gerindra dan Partai Demokrat tidak mungkin berkoalisi? karena mereka memang tidak mau berkoalisi!

Partai Gerindra punya modal suara 11,81% dan Partai Demokrat 10,19%. Kalau di total maka suaranya 22%, Cukup untuk mengusulkan Capres-cawapres. Karena batasannya 20%. Kalau punya niat berkoalisi tentu Partai Gerindra dan Partai Demokrat kemarin sudah mendeklarasikan Prabowo - Agus Yudhoyono, tapi faktanya tidak.

Bisa jadi Prabowo tidak ingin dan menolak kalau dia berpasangan dengan Agus Yudhoyono, mungkin dia berhitung ini bakal sia-sia dan kalah. Wajar Prabowo berfikir seperti itu, karena dia berpasangan dengan yang punya elektabilitas saja kalah, apalagi dengan Agus Yudhoyono?

Partai Demokrat tentu menurut analisa saya, tidak mau juga kalau anaknya SBY yaitu Agus Yudhoyono tidak di dukung Partai Gerindra untuk jadi cawapres. Dengan modal suara 10,19% tentu Partai Demokrat bisa bargain menjual anak SBY jadi cawapres ke Partai lain, bahkan mungkin siap jadi cawapres Jokowi

Tidak ada lagi yg ditunggu, karena suara sudah ada ditangan masing-masing. Artinya tidak ada kesepakatan antara Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Kalau sepakat, maka hari ini pasti deklarasi Prabowo dan Agus Yudhoyono sedang berlangsung dimana-mana. faktanya itu tidak terjadi..

Jadi pertemuan kemarin itu apa dong? ah.. mungkin itu hanya tempat mereka curhat karena kesal sama Jokowi aja. gak lebih.. 😊

No comments:

Post a Comment