Breaking

Monday, 12 March 2018

Bukti Raja Juli untuk mempidanakan Fadli Zon lebih kuat


Secara live, Fadlizon mengatakan Raja Juli Antoni pengecut karena tidak mau menjawab soal twit raja juli itu ditujukan ke siapa. 

Saya menonton potongan video ILC perdebatan Raja Juli Sekjen PSI dengan Wakil Ketua DPR RI Fadli zon yang viral sejak beberapa hari lalu di Youtube. Perdebatan itu ternyata berujung dengan pelaporan Fadli zon terhadap Raja Juli. 

Setelah saya selesai menonton, saya heran, kenapa Fadli zon melaporkan Raja juli? yang ada seharusnya Raja Juli yang melaporkan Fadli zon karena diduga melakukan Pencemaran nama baik dan penghinaan. Dan sangat kuat buktinya menurut saya.. 

Apa alasannya? 

Pertama, twit yang dimaksud Fadli zon itu twit pribadinya Raja juli. Dalam perdebatan di ILC, Raja juli seolah-olah dipaksa harus mengakui bahwa twit pribadi itu dia tujukan ke Fadli zon. Apa urusan Fadli zon dengan twit orang lain? Sejak kapan Fadli zon berhak atas twit orang lain?

Kalau Raja juli kemudian mengatakan bahwa twit itu bukan ditujukan ke Fadli zon, apakah Fadli zon boleh memaksa bahwa twit Raja juli itu untuk dirinya? 

Kalau ikuti cara berfikir Fadli zon, maka besok-besok ketika fadli zon membuat status di twitternya, setiap orang boleh mempidanakan Fadli zon, karena mereka menganggap twit Fadli zon ditujukan untuk mereka. Kalau Fadli zon ngotot bilang twit itu bukan untuk mereka, tentu saja tidak boleh. Fadli zon tidak boleh mengatur perasaan orang lain. Sama seperti Fadlizon "memaksa" bahwa twit raja juli itu ditujukan pada dirinya dan dia tersinggung, maka begitupun orang lain. 

Kedua, Kalau ikuti pola Fadlizon, maka Fadlizon sama saja menuduh dirinya adalah orang yang ada di twit raja juli. Seharusnya Fadli zon melaporkan dirinya sendiri yang sudah berprasangka buruk pada dirinya sendiri. (Nah bingung kan? 😊)

Logikanya begini, Ada yang twit begini "Ada pejabat yang kerjaannya nyinyir setiap hari" Ketika si X membaca twit itu, dia tersinggung. Karena dia setiap hari kerjaannya nyinyir, dia merasa twit itu ditujukan pada dirinya, twit itu cocok dengan kelakuannya, maka dia akan laporkan ke polisi orang itu, karena sudah mempermalukan dirinya dengan membuka boroknya. 

Kata polisi nanti, kenapa anda marah kalau hal itu benar? Kalau dia katakan itu tidak benar, dia tidak seperti itu! kata polisi, kalau begitu kenapa anda melaporkan orang yang twit soal nyinyir? apa legal standing anda? apa kerugian anda? 

Lalu kenapa saya katakan bahwa kalau Raja juli melaporkan balik Fadli zon, maka laporan pencemaran nama baik versi Raja juli lebih kuat daripada versi fadli zon? 

Pertama, fadli zon memaksa raja juli harus menjawab pertanyaannya dan menjudge raja juli yang tidak mau menjawab sesuai dengan keinginan Fadlizon. 

Kedua, Fadli zon menuduh bahwa Raja juli menuduh dirinya. 

Ketiga, Fadli zon menuduh raja juli menyebarkan fitnah kepada dirinya tanpa fadli zon bisa buktikan ada putusan hukum. Tanpa ada kata dugaan, Fadlizon menggunakan kata JELAS, bukan kata DUGAAN.. 

Keempat, Fadli zon menyatakan bahwa raja juli pengecut ketika raja juli tidak mau menjawab pertanyaan Fadli zon sesuai dengan keinginan Fadli zon. Raja juli menjawab pertanyaan dan pernyataan Fadli zon bahwa polisi yang bisa menilai. Artinya yang menilai itu bukan Fadli zon.. 

Kelima, Fadli zon menyatakan dengan jelas, Raja juli sebagai penyebar hoax dan pencipta hoax yang sesungguhnya.. 

Dari 5 tudingan ini, maka raja juli tidak perlu bertanya lagi seperti pertanyaan Fadli zon ke dirinya. "Apakah saya ini orang yang menyebarkan hoax atau bukan?" Karena Fadli zon sudah begitu jelas menuding dirinya di ILC. 

Fadli zon masih bertanya, artinya dia masih tidak yakin apakah Raja juli menuduh dirinya penyebar hoax. Tapi sayangnya setelah bertanya, Fadli zon malah menuduh raja juli penyebar dan pencipta hoax! Seharusnya Fadli zon gak perlu bertanya lagi kalau memang mau menuding. Jadinya malah meninggalkan bukti bahwa Fadli zon sebenarnya tidak yakin twit Raja Juli itu untuk dirinya. 

Dengan tudingan di ILC, Fadli zon selain sudah mengambil peran polisi yang menginterogasi, Fadli zon juga mengambil peran hakim sebagai pihak yang memvonis Raja juli bersalah atau tidak.. 

Tapi kalau Raja juli melaporkan Fadli zon, maka berbagai bukti tudingan Fadli zon di depan umum terhadap dirinya sudah sangat jelas, karena Fadli zon sendiri yang mengatakan "sangat jelas" ketika memvonis Raja juli. 

Saran saya, Raja Juli laporkan balik Fadli zon dengan pasal yang sama. Di situ akan diuji pasal itu, apakah Raja juli atau Fadli zon yang terbukti sebagai pihak yang melakukan tindak pidana. 

Mari kita tunggu episode selanjutnya...

No comments:

Post a Comment