Breaking

Monday, 10 September 2018

Mr.Bean ala Sandiaga uno


Banyak yang geregetan dan kesal dengan sikap dan ucapan sandiaga uno yang konyol. Mulai soal cabe, tempe, dolar dan banyak lagi hal konyol lainnya yang dilakukan oleh sandiaga pasca dia jadi cawapres. Yang pasti banyak membuat orang muak. 

Kok dibiarkan sih sama timnya? apakah karena dia yang menjadi cukong sehingga gak ada yang berani ingatkan dia? bahkan sekelas Prabowo tidak berani memerintahkan Sandiaga uno berhenti bersikap seperti Mr. Bean. Tidak ada satupun, sehingga Sandiaga terus memproduksi sikap konyol. 

Analisis saya.., di dalam dunia politik, ada yang namanya konsultan politik. Salah satu yang sering diolah adalah bagaimana memoles calon agar bisa menjadi magnet bagi pemilih. Itu salah satu dari sekian banyak hal yang akan diolah oleh konsultan politik. 

Dalam pertemuan dengan salah satu calon kepala daerah, saya kritisi wajahnya yang pongah. Saya katakan, wajah anda pongah, kesan pertama orang bertemu anda, mereka akan menilai anda pongah. Walaupun aslinya anda tidak seperti itu. Ini perlu disikapi juga.. 

Konsultan politik itu menilai dari semua aspek. Sampai cara bicara hingga karakter wajah itu dipertimbangkan juga. Sandiaga itu tipe yang agak sulit dibentuk. Karakternya yang asal ucap sudah memakan korban di DKI, belum lagi bagaimana timnya jumpalitan menterjemahkan dan menutupi konsep konyolnya di DKI. 

Satu-satunya cara adalah, memanfaatkan kelemahan sandiaga untuk menjadi kekuatan. Sandiaga tidak bisa disuruh untuk berakting menjadi benar, dia akan kesulitan. Karena karakter spontan sudah menyatu di dirinya, tidak bisa dirubah dalam waktu singkat. 

Pertimbangannya, kalau dipaksakan maka akan terlihat tidak natural dan malah bisa lebih merugikan. Jadi, konsultan politik membebaskan kebiasaan tapi mengarahkan sedikit agar efek ucapannya bisa direspon oleh masyarakat. Harus lebih bombastis daripada sebelumnya..

Makanya pasca Sandiaga jadi Cawapres, ucapan dan tindakan anehnya agak meningkat, dengan tujuan membuat lawan politiknya muak dan kesal, sehingga mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang nanti akan diolah oleh Tim Prabowo-Sandiaga untuk menyerang balik.

Berbagai kasus Prabowo dan berbagai kelemahan Prabowo maupun sandiaga di masa lalu menjadi terlupakan. Mereka arahkan agar lawan menghantam kelakuan dan pernyataan sandiaga yang aneh pasca dia menjadi Cawapres. 

Lawan Politik Prabowo-sandiaga akan dibuat lupa menampilkan keberhasilan Jokowi, karena bagi media, menyikapi keanehan sandiaga lebih menarik, ada nilai entertainnya. Itu sah-sah saja, dan itu yang sedang diracik konsultan politik Prabowo-sandiaga. 

Tapi apa tidak merugikan pihak Prabowo dengan kelakukan sandiaga? tentu saja merugikan, tapi sandiaga tidak bisa diatur untuk gagah dan berwibawa, dia orang spontan. Makanya kelemahan itu diolah agar supaya bisa menjadi kekuatan untuk melemahkan lawan.

Jadi, saran saya kepada seluruh pendukung Jokowi-Ma’ruf, semua pernyataan konyol sandiaga uno, diolah jadi bahan lucu-lucuan saja. Fokus membuka rekam jejak kerusakan yang diperbuat Prabowo dan sandiaga. Karena rekam jejak itu sangat penting untuk menilai sifat asli mereka. 

Semua hal positif yang dilakukan Prabowo sekarang ini tidak sesuai dengan rekam jejaknya. Kepedulian yang dilakukan oleh Sandiaga sekarang ini tidak sesuai dengan rekam jejaknya. Semua yang mereka lakukan sekarang ini menjalankan skenario yang ditulis oleh konsultan politik.

Jokowi-Ma’ruf juga punya rekam jejak. Tapi rekam jejak mereka selaras dengan apa yang mereka lakukan sekarang ini. Tidak ada rekam jejak kekerasan seperti Prabowo dan tidak ada rekam jejak bolak-balik dengan KPK dan pihak kepolisian seperti sandiaga.

Jadi, ketika Mr. Bean Indonesia membuat kekonyolan lain lagi, maka tertawakan. Jadikan Kelakuan Sandiaga sebagai bahan tertawaan di sela-sela membuka rekam jejak sandiaga yang rusak. Jangan ikut dalam permainan konsultan politik mereka, Tapi kita permainkan mereka. 

Pasangan ini pasangan rentan dan penuh dengan rekam jejak negatif. Jangan dibuat serius sikap mereka hari ini, karena semuanya sudah diatur. Buka rekam jejak mereka dan mari tertawakan langkah Mr. Bean nya sandiaga yang akan terus memproduksi kekonyolan lain. 

No comments:

Post a Comment