Breaking

Wednesday, 17 October 2018

Pendukung Prabowo dimobilisasi, sedangkan pendukung Jokowi mandiri. Ini plus dan minusnya..


Saya bilang, Pendukung Jokowi itu gak pernah fokus terhadap satu isu, gak bisa diatur untuk fokus pada satu isu. Sedangkan Pendukung Prabowo selalu fokus pada satu isu. Kenapa? Karena pendukung Jokowi mandiri, sedangkan "pendukung" Prabowo dimobilisasi.

Bagi saya ini ada kekurangannya dan ada juga kelebihannya. Kekurangannya adalah pemilih menerima informasi yang begitu banyak, tapi sebentar. Kelebihannya adalah, pemilih akhirnya tahu bahwa begitu banyak hal yang sudah dilakukan oleh Jokowi walau mungkin tidak paham detailnya.

Pendukung Prabowo dimobilisasi secara berjamaah untuk menyebarkan satu isu secara terus menerus dan berulang-ulang. Kelebihannya, isu itu akan menjadi doktrin bagi pemilih. Pemilih akan mendapatkan gambaran detail dari isu tersebut. Tentu saja hal ini ada kelemahannya juga.

Kelemahannya adalah, pemilih bisa menilai bahwa tidak ada yang bisa dijual dari Prabowo selain menyebarkan isu yang sama berulang-ulang, sedangkan Jokowi banyak yang bisa dijual. Pemilih membandingkan dengan beragamnya informasi tentang Jokowi yang disebar oleh para pendukung Jokowi.

Pendukung Jokowi sebenarnya bisa secara berjamaah menyebarkan satu atau beberapa isu yang kuat secara terus menerus dan berulang-ulang sambil tetap menyebarkan isu yang lain. Tapi saya melihat hal itu belum dilakukan, masih beragam isu yang disebarkan. 

Atau isu yang disebarkan secara berjamaah oleh pendukung Prabowo dibantah dengan data dan fakta. Bantahan itu disebarkan oleh pendukung Jokowi secara berjamaah dan berulang-ulang. Kadarnya sama atau bahkan harus lebih dari yang dilakukan oleh pendukung Prabowo

Mobilisasi dilawan dengan mobilisasi. Kelebihan dari pendukung Jokowi adalah, memiliki keberagaman isu yang tidak akan bisa dilawan oleh pendukung Prabowo. Karena mereka miskin isu yang bisa dijual. Ini satu kelebihan yang dimiliki pendukung Jokowi. 

Jadi saran saya, TKN Jokowi mulai memobilisasi dengan membentuk tim di bawahnya untuk menyebarkan beberapa isu utama secara terus menerus dan berulang-ulang sama seperti yang dilakukan tim Prabowo. Jangan terus bertahan dengan pola mandiri. 

Yang pasti, Pendukung Prabowo tidak akan mungkin bisa seperti pendukung Jokowi, menyebarkan beragam informasi tentang Jokowi, karena Prabowo sama sekali tidak punya banyak hal yang layak untuk disebarkan. Sebaliknya Pendukung Jokowi bisa mengikuti pola dari pendukung Prabowo.

No comments:

Post a Comment