Breaking

Friday, 27 September 2019

Mulan Jameela bukan pelaku kejahatan Pemilu


Ada beberapa meme tentang Mulan Jameela yang mampir di WA saya dan berseliwiran di media sosial. Intinya meme tersebut menyudutkan Mulan sebagai pihak yang bersalah. Bahkan ditulis, setelah merebut suami orang kini mulan merebut kursi orang. Saya terketuk untuk menanggapi..

Tentu saya tidak ingin ikut campur soal gugatan caleg Gerindra ke Gerindra terkait kursinya digantikan oleh caleg gerindra lainnya, yang salah satunya Mulan. Tapi sebagai Politisi Partai politik, saya diwajibkan untuk memberikan pendidikan politik ke masyarakat.

Mulan Jameela tidak melakukan perbuatan melawan hukum. Sebagai warga negara Indonesia, Mulan punya hak melakukan gugatan ketika dirinya dinyatakan tidak lolos dalam pemilu Legislatif. Dan ternyata gugatan yang dilayangkan Mulan, dikabulkan oleh Hakim PN Jakarta Selatan.

Maka selanjutnya bukan lagi Mulan yang bergerak, tapi hukum yang bergerak. Semua instansi baik KPU dan Partai Politik harus patuh dan menjalankan putusan pengadilan yang mengabulkan gugatan Mulan. Mulan sendiri pun akhirnya jadi anggota DPR, atas putusan hukum.

Posisi sekarang, pihak yang merasa dirugikan punya hak yang sama dengan Mulan, mereka boleh melakukan gugatan ke tingkat selanjutnya untuk menggugurkan putusan PN Jakarta selatan yang mengabulkan gugatan Mulan Jameela. Bisa saja gugatan mereka dikabulkan..

Kecuali tidak ada dasar hukumnya, lalu KPU menggantikan posisi orang lain dengan Mulan Jameela. Itu jelas tindak pidana, gak perlu gugat lagi, tapi langsung laporkan ke pihak kepolisian, maka komisioner KPU sukses jadi pesakitan.

Gak fair saja jika Mulan Jameela disalahkan karena dia menjalankan hak konstitusionalnya sebagai WNI. Suka tidak suka mau tidak mau, yang mulan lakukan adalah legal dan bukan sebuah kejahatan. Jangan diframing seolah-olah dia melakukan kejahatan. Sangat tidak adil..

Saya pikir cukup jelas ya, setiap warga negara punya hak untuk melakukan gugatan. Apapun hasilnya, itu adalah putusan hukum yang wajib dihormati dan ditaati oleh setiap orang. 

Sekali lagi, ini negara hukum dan ini bukan salah Mulan Jameela.

No comments:

Post a Comment