Breaking

Saturday, 23 November 2019

Ini persoalan serius pak Menteri, jangan anda memikirkan diri sendiri.


Pak Menteri Syed Saddiq, kita tunggu hasil investigasi pihak kepolisian. Apakah itu video pemukulan suporter malaysia terhadap Suporter Indonesia atau bukan? yang pasti ada pemukulan dan orangnya jelas terekam. Persoalan apakah itu warga Indonesia atau bukan, kita tunggu hasilnya.

Kalau itu warga negara Indonesia, ya dicek, apakah yang memukul itu benar warga malaysia? Apakah lokasinya di malaysia? Kalau bukan warga negara malaysia dan kejadiannya bukan di Malaysia, maka clear.., itu hoax. Biar nanti kepolisian Indonesia yang akan mencari, siapa yang memukul warga negara Indonesia dan lokasinya dimana? 

Lalu ada video dimana sekelompok orang berdialek melayu, di stadion, menyanyikan yel-yel dengan kalimat "Indonesia itu anjing". Pertanyaannya, apakah itu di stadion Malaysia? Kalau itu bukan orang malaysia dan bukan di stadion Malaysia, maka clear, itu hoax. Biar kepolisian Indonesia yang akan melakukan investigasi. 

Tapi bagaimana kalau ternyata benar warga negara malaysia yang melakukan tindakan tidak terpuji terhadap warga negara Indonesia? Bagaimana sikap anda? Saya yakin, itu oknum, bukan sikap pemerintah Malaysia. Saran saya, anda jangan terburu-buru mengambil kesimpulan.

Kalau anda sudah laporkan ke pihak kepolisian, ya sudah tunggu investigasinya, jangan mengatakan hoax, jadinya tidak konsisten. Disatu sisi anda menyerahkan kepihak berwajib, tapi disisi lain anda malah mendahului polisi dengan membuat kesimpulan bahwa itu hoax. 

Tidak ada yang menyalahkan anda, anda saja yang ketakutan sendiri. Takut dianggap tidak becus, takut diserang oposisi, takut dibilang anak kecil dikasih jabatan begini jadinya, sehingga anda terburu-buru memprotect diri. Bersikaplah layaknya seorang pimpinan. 

Saran saya, sampaikan saja bahwa investigasi sedang berjalan. Jika benar ada perlakuan seperti itu, Pemerintah malaysia mengutuk dan tidak akan mentolerir. Bukan malah memprotect diri. Ini persoalan serius pak Menteri, jangan anda memikirkan diri sendiri.

Saya yakin jika benar ada warga negara Indonesia yang diperlakukan tidak baik, Warga negara Malaysia pasti malu dan mengutuk tindakan biadab tersebut. Tidak ada orang normal yang mendukung tindakan biadab. Biar ini masuk ranah hukum, jangan sampai hal ini membuat kita saling menyerang. Dampaknya tentu tidak baik bagi kita semua. 

Semoga kejadian ini menjadi pembelajaran berharga bagi Pak Menteri Syed Saddiq. Anak muda hebat yang memimpin sebuah kementerian di negara Malaysia. Jangan buru-buru bereaksi, karena reaksi anda malah memicu hal yang bisa merugikan hubungan antara Indonesia dan Malaysia. 

No comments:

Post a comment