Breaking

Friday, 6 December 2019

Meruntuhkan kesesatan Rocky Gerung, bahwa Pancasila bisa diubah.


Perdebatan mempertahankan argumentasi, itu biasa. Menafsirkan juga itu biasa, karena setiap orang bebas menafsirkan apapun selama hal itu bisa ditafsirkan. Tapi tentu ada hal-hal yang tidak bisa kita tafsirkan. Misalnya terkait pasal di dalam UU maupun UUD 45. Karena jika didalam pasal tersebut dianggap belum terlalu jelas, maka akan ada perintah dalam pasal tersebut untuk diatur didalam UU atau diatur didalam peraturan dibawah UU. 

Silahkan ditonton video full perdebatan tentang Pancasila antara Saya dan Rocky Gerung di bawah ini.


Rocky gerung dengan tegas mengatakan bahwa PANCASILA ITU BISA DIUBAH. Caranya adalah dengan mengubah pasal didalam UUD 45. Makanya saya bertanya ke Rocky, dia mau bicara UUD 45 atau mau bicara Pancasila? Rocky bilang UUD 45 dan beliau mengatakan Pancasila itu ada didalam UUD 45. Lalu saya bertanya ada tidak diperintahkan dalam UUD 45 Pancasila bisa diubah? Beliau malah bertanya balik dimana diperintahkan? Saya katakan saya bertanya, ada atau tidak? Tapi Rocky dan Pembawa acara mengatakan ada.

Karena ada, maka saya bertanya lagi, dimanakah pasal yang menyatakan Pancasila bisa diubah? Rocky tetap mengatakan di pasal 37. Artinya Rocky dan Pembawa acara meyakini bahwa Pancasila dicantumkan didalam UUD 45, sedangkan saya mengatakan tidak. 

Saya harus jelaskan khusus hal ini, karena jika tidak ini bisa menyesatkan dan orang bisa mengatakan Pancasila itu bisa diubah. Diskusi kita beberapa hari lalu tentang hal ini tidak tuntas, karena masuk ke tema lain. 

Begini.... Apakah pasal-pasal didalam UUD 45 bisa diubah? Tentu bisa. Buktinya Pasal di dalam UUD 45 sudah beberapa kali diubah. Dimanakah Pasal yang menyatakan hal itu? Ada di pasal 37 BAB XVI tentang Perubahan UUD. Tapi tidak semua boleh diubah, karena di pasal 37 ayat 5 menyatakan bahwa: “Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan”

Sampai disini saya sependapat dengan Rocky Gerung dan saya tidak membantah... 

Selain dari yang disebutkan oleh pasal 37 ayat 5, apakah semua pasal di UUD 45 boleh diubah? Tentu saja boleh. Presiden dulu dipilih oleh MPR, kini diubah dipilih langsung oleh rakyat. Kalau begitu Pancasila bisa diubah juga dong! Ya tidak bisa.. kok tidak bisa? Ya karena memang Pancasila bukan UUD 45! Kata Rocky Gerung Pancasila itu masuk di dalam UUD 45, sehingga bisa diubah. 

Makanya kenapa saya katakan dalam debat dengan Rocky, bahwa beliau tidak paham hierarki. Karena Pancasila itu BUKAN UUD 45. Tapi Rocky masih menganggap Pancasila ada DIDALAM UUD 45. Jadi saya berpandangan Pancasila BUKAN UUD 45 dan Rocky berpandangan bahwa Pancasila ada DIDALAM UUD 45.

Disinilah kita berbeda… 

Saya harus sampaikan bahwa Rocky tidak bisa membedakan mana PANCASILA mana LAMBANG GARUDA PANCASILA. Pancasila adalah Falsafah, Ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Pancasila tidak tercantum didalam UUD 45. Yang tercantum didalam pasal UUD 45 adalah Lambang Negara, yaitu pada Pasal 36A yang berbunyi: “Lambang Negara ialah GARUDA PANCASILA dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika”. 

Garuda Pancasila dengan Pancasila itu beda, Itu ibarat Logo dengan visi. Jadi karena logonya ada nama Pancasila, maka Rocky pikir itu adalah Pancasila, sehingga dia bicara bahwa Pancasila bisa diubah. 

Warna Bendera Negara Indonesia bisa diubah, Bahasa Negara bisa diubah, lagu kebangsaan Indonesia raya bisa diubah, dan lambang Garuda Pancasila bisa diubah, karena semuanya itu tercantum di pasal dalam UUD 1945. Semua yang tercantum dalam pasal di UUD 45 bisa diubah. Tapi Pancasila bukan UUD 45 dan Pancasila tidak tercantum di pasal dalam UUD 45, sehingga tidak bisa diubah. 

Lalu jika ada yang berdalih bahwa di pembukaan UUD 45 alinea 4 ada tercantum isi Pancasila, artinya isi pembukaannya bisa diganti!

Inilah jika ilmu didapat hanya dari mendengarkan ucapan Rocky. Mengapa dalam debat saya katakan bahwa Rocky tidak paham hierarki? karena tidak bisa UUD 45 yang dibawah Pancasila memerintahkan untuk mengganti Pancasila. Sama seperti UU tidak bisa memerintahkan untuk mengganti pasal dalam UUD.

Kok bisa? ya karena dalam Alinea 4 pada pembukaan UUD 45 menyatakan bahwa UUD ini dibentuk berdasarkan isi Pancasila.

Pasal 37 yang digunakan Rocky untuk alasan mengganti Pancasila pun sudah sangat jelas menyatakan bahwa yang bisa diubah itu PASAL bukan PEMBUKAAN.

Banyak orang-orang bodoh terhipnotis ucapan Rocky Gerung sehingga mereka memujinya setinggi langit tanpa mau mencari tahu kebenaran. Semua yang menyanggah akan mereka tuduh sebagai orang yang tidak paham.

Saya pikir cukup jelas dan untuk pembuktiannya siapapun bisa membuka UUD 45 dan lihat, apakah benar bahwa yang tercantum di pasal adalah Lambang atau Pancasila? Apakah yang diperintahkan pasal 37 merubah pasal atau merubah pembukaan? Saya harus sampaikan ini karena berbahaya jika ada orang yang anti pemerintah dan kelompok anti Pancasila menggunakan argumentasi konyol Rocky. 

2 comments:

  1. Yang ngaco itu sebenarnya anda, pancasila jelas ada didalam UUD 1945. Coba anda baca full teks UUD 1945 disitu ada poin2 pancasila lengkap. Baca juga historis mengenai sejarah pembentukkan UUD oleh BPUPKI. Baca agar paham kedudukan konstitusi Indonesia.

    ReplyDelete
  2. ini jawaban anak sekolahan

    Sekolah Menengah Pertama Ppkn 25 poin
    Manakah yang lebih tinggi kedudukannya, pancasila atau UUD ? jelaskan

    Jawabanmu
    primafadhilsul Ambisius
    Pancasila,Karena Tecantum pada UU no 12 tahun 2011 yang berisi tentang Pembentukan Peraturan Perundang Undangan bahwa Pancasilamerupakan sumber dari segala hukumngara

    syafiaazzara Pemula
    Yg paling tinggi kedudukan nya pancasila

    menurut hukum bagaimana?
    Pancasila Sebagai Sumber Hukum
    Kemudian berkaitan dengan pertanyaan Anda apakah Pancasila merupakan dasar hukum tertinggi yang berada diatas UUD 1945 dalam hierarki? Yang dimaksud dengan “hierarki” adalah penjenjangan setiap jenis peraturan perundang-undangan yang didasarkan pada asas bahwa peraturan perundang-undangan yang lebih rendah tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.[3]

    Berarti jika dilihat secara hierarki, UUD 1945 berada pada tingkatan tertinggi. Menurut Rizky Argama Direktur Riset dan Inovasi di Pusat Studi Hukum dan Kajian Indonesia (PSHK), dalam teori norma Hans Nawiasky yang dikenal dengan die Stuferordnung der Recht Normen, terdapat jenis dan tingkatan suatu aturan yakni:
    Staatsfundamentalnorm (Norma fundamental negara/abstrak/sumber hukum, contoh: Pancasila);
    Staatsgrundgesetz (Aturan dasar/aturan pokok negara/konstitusi/ UUD);
    Formell gesetz (Undang-Undang);
    Verordnung & Autonome Satzung (Aturan pelaksana Peraturan Pemerintah-Peraturan Daerah).

    Sejalan dengan pendapat di atas, maka UUD 1945 berada pada tataran staatsgrundgesetz atau sebagai konstitusi suatu negara. Bagaimana dengan Pancasila? Berdasarkan Pasal 2 UU 12/2011 yaitu:

    Pancasila merupakan sumber segala sumber hukum negara.

    Jika kembali ke teori Hans Nawiasky, berarti letak Pancasila ada pada tataran staatsfundamentalnorm.


    berbicara dengan rocky gerung haru spandai melihat opininya..... dankita harus punya dasar pengetahuan yg cukup
    Mis : soal gubernur jakarta bukan bawahan presiden RI. Jadi menurut Rocky G, Gub Jakarta TIDAK perlu mengikuti instruksi President RI. karena Gub Jakarta BUKAN bawahan Presiden
    Apakah kawan2 Bisa mengetahui jebakan betmen-nya ?

    ReplyDelete