Breaking

Thursday, 10 February 2022

Kasus desa Wadas, kasus yang sangat sepele..


Ada beberapa orang bertanya ke saya tentang kasus desa wadas. Saya coba baca di berita, ternyata masalahnya sangat sepele dan sangat bisa diselesaikan dengan mudah. Bukan saya mau memudahkan masalah, tapi memang berdasarkan berita, masalah ini sangat mudah diselesaikan..

Jadi ada pembebasan lahan di desa wadas, lahan itu akan ditambang untuk mengambil batu andesit, dimana batu andesit tersebut akan digunakan sebagai material untuk pembangunan Waduk Bener yang lokasinya berada di Kabupaten Purworejo.

Apa fungsi waduk itu??

Tentu saya tidak perlu jelaskan panjang lebar fungsi waduk, karena pasti untuk hal positif. Untuk mengairi lahan sawah seluas 15.069 hektare, untuk mengurangi debit banjir, menyediakan air baku dan untuk menghasilkan listrik.

Jadi untuk kemaslahatan rakyat.

Ada yang bilang pemilik tanah sudah setuju, lalu yang komplain itu bukanlah pemilik tanah, sehingga aparat melakukan tindakan tegas. Mahfud MD bilang, warga desa wadas yang menolak sudah menggugat lewat jalur hukum dan semua gugatan mereka ditolak sampai tingkat kasasi MA.

Tapi bukan itu poinnya..

Sesuai berita, yang dimasalahin sama masyarakat itu gak banyak. Mereka khawatir penambangan galian C di desa mereka akan merusak sumber mata air dan sawah lantaran sebagian besar mata pencaharian mereka adalah petani. Hanya itu saja, tidak ada yang lain..

Saya rasa kekhawatiran itu bisa diterima. Jika penambangan itu terjadi sehingga membuat sumber mata air dan sawah masyarakat yang tidak menjual tanah terganggu, tentu tidak dapat dibenarkan juga. Jangan sampai hal itu terjadi dan merugikan warga yang lain..

Maka dari itu penyelesaiannya adalah, bagaimana kekhawatiran masyarakat akan mata air yang menjadi sumber buat mengaliri air di sawah tidak terjadi. Sangat ironis jika penambangan digunakan untuk membuat waduk mengairi sawah, tapi lokasi yang ditambang kekurangan air untuk mengairi sawah.

Turunkan tim untuk menganalisa, apakah kekhawatiran masyarakat itu akan terjadi? Kalau iya, maka pemerintah buatkan juga waduk kecil yang akan mengairi sawah di desa wadas, sehingga apa yang dikhawatirkan ada solusinya. Ini hal yang sangat simple..

Jika hal ini sudah dilakukan, dalam arti pemerintah menjamin bahwa air untuk mengairi sawah di desa Wadas tidak terganggu, tapi masih ada penolakan dan ada pihak yang mengganggu, maka aparat hukum bisa melakukan tindakan yang tegas dan tepat untuk para pengganggu.

Ini hal yang sangat-sangat simple.. jika pengairan di sawah desa wadas lancar, atau dijamin lancar, maka tidak perlu ada masalah. Tapi jika sudah diakomodir tapi masih menghambat, ya aparat wajib tegas setegas tegasnya! Sesimple itu…

No comments:

Post a Comment